5 Sola Pilar Dasar Iman Kristen

Reformasi yang terjadi di abad 16 telah merubah kekristenan. Para reformator meyakini bahwa gereja saat itu telah menyimpang dari kebenaran sejati khususnya mengenai pengajaran keselamatan, yaitu bagaimana manusia bisa diselamatkan melalui kematian dan kebangkitan Kristus dan menerima hidup yang kekal.

Lima Sola terbentuk sebagai rangkuman pengakuan iman yang menjadi dasar kekristenan selama masa reformasi.

Lima Sola inilah yang menjadi pilar dasar iman kristen.


1. Sola scriptura – Hanya Alkitab
Kita percaya bahwa Alkitab adalah Firman Allah dan Alkitab adalah satu2nya standard kebenaran tertinggi
Segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran. (2 Tim 3:16-17)
Ini bukan berarti tidak ada kebenaran diluar Alkitab, tetapi konsekuensinya semua hal harus diuji oleh kebenaran Alkitab, apapun itu, misal tentang pengajaran, tentang nubuat dsb, jika tidak sesuai dg kebenaran Alkitab artinya itu bukan dari Tuhan, karena tidak mungkin kebenaran saling bertentangan satu dengan yang lain.
Alkitab bisa menjelaskan dan menafsirkan dirinya sendiri, jika ada bagian yg kita kurang mengerti sering kita bisa cari penjelasannya dari bagian Alkitab yg lain.
Kita percaya Alkitab kita itu sempurna, jadi sudah tidak perlu ditambah apa2 lagi, sehingga tidak ada kebenaran di luar Alkitab yang boleh dijadikan standard kebenaran yang sejajar dengan Alkitab.

2. Sola fide – Hanya Iman
Maksudnya adalah keselamatan hanya bisa kita dapatkan melalui iman. Kita tidak akan bisa selamat jika kita tidak mempunyai iman. Itu sebabnya iman sangat penting dan banyak dibicarakan dalam Alkitab.

3. Sola gratia – Hanya Anugerah
Keselamatan yang kita peroleh di dalam Kristus adalah mutlak seratus persen anugerah Allah dan tidak ada sedikit pun jasa manusia.
Karena semua orang telah berbuat dosa dan telah kehilangan kemuliaan Allah, dan oleh kasih karunia telah dibenarkan dengan cuma-cuma karena penebusan dalam Kristus Yesus.(ROMA 3:23.24)
Sebab karena kasih karunia kamu diselamatkan oleh iman; itu bukan hasil usahamu, tetapi pemberian Allah, itu bukan hasil pekerjaanmu jangan ada orang yang memegahkan diri (Efesus 2:8-9).
Segala perbuatan baik kita tidak akan menyelamatkan. Itu sebabnya kekristenan sangat berbeda dengan agama lain. Dalam agama lain orang berbuat baik agar bisa diselamatkan, tetapi dalam kekristenan kita berbuat baik karena kita sudah diselamatkan. Karena kita tahu dalam hidup ini sehebat apapun kita berusaha berbuat baik maka kita tetap akan melihat bahwa dosa kita pasti tetap lebih banyak, sehingga kalau keselamatan itu didasarkan perbuatan baik, maka tidak akan ada orang yang bisa selamat. Itu sebabnya Allah memberikan keselamatan itu secara cuma-cuma, itu anugerah dan kita harus meresponinya, beriman dan menjadi murid Kristus, menghasilkan buah yang terlihat dari perbuatan baik dalam hidup kita.

4. Solus Christus – Hanya Kristus
"Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku (Yohanes 14:6)." Kristus adalah satu-satunya Mediator yang dapat membawa kita kepada hadirat Allah yang Maha Kudus.
Di dalam keilahian dan kemanusiaan-Nya yang tidak berdosa, Ia menggantikan posisi manusia yang seharusnya menerima murka Allah dan merekonsiliasi kita dengan Bapa yang Maha Kudus.
Point ini berhubungan dengan Sola Fide dan Sola Gratia diatas. Jadi artinya hanya oleh iman kepada Kristus maka anugrah keselamatan dari Allah itu bisa kita peroleh. Jadi Kristus adalah satu-satunya Juru selamat manusia dan tidak ada keselamatan di luar Dia.
Dan keselamatan tidak ada di dalam siapapun juga selain di dalam Dia, sebab di bawah kolong langit ini tidak ada nama lain yang diberikan kepada manusia yang olehnya kita dapat diselamatkan.(Kis 4:12)

5. Soli Deo gloria – Hanya untuk kemuliaan Allah
Segala kemuliaan hanya bagi Allah "bagi Dia, satu-satunya Allah yang penuh hikmat, oleh Yesus Kristus: segala kemuliaan sampai selama-lamanya! Amin (Roma 16:27)."
Kita diselamatkan hanya oleh anugerah Allah tanpa sedikitpun usaha dari kita. Segala talenta dan karunia yang kita miliki juga pemberian Allah. Oleh karena itu segala kemuliaan harus diberikan kepada Allah saja.
Apapun yang kita lakukan dimanapun kita berada, hidup kita harus dengan tujuan memuliakan Allah. Kita tidak berhak mencuri sedikitpun kemuliaan Allah bagi kepentingan diri kita sendiri.
Powered by Blogger.